Selasa, 10 Maret 2009

Kreasi Sepatu lukis















Lagi ngetrend dikalangan remaja terutama tampil dengan sepatu lukis kanvas. Kenapa kanvas ? karena jenis sepatu ini memiliki bidang yang polos yang memungkinkan si pelukis untuk berkreasi di sepatu. Anda tertarik dengan sepatu lukis ? bahan-bahannya nggak sulit koq, pilihan cat untuk melukis sepatu juga banyak dijual. Kebanyakan yang digunakan adalah cat akrilik selain tahan luntur juga warnanya bervariasi kita bisa memilih warna dari yang ngejreng sampai yang soft.

Desain sepatu lukis yang sekarang marak di internet kebanyakan figure kartun, selain lucu-lucu juga warna yang ditampilkan beraneka. Anda juga bisa berkreasi dengan sepatu lukis ini. Cara membuat sepatu lukis seperti berikut :

Bahan yang diperlukan :

1. Sepatu Kanvas Polos, yang banyak di pasaran kebannyakan putih dan hitam.
2. Alat Lukis/gambar :
  • Cat : Yang praktis adalah akrilik dengan pengencer air, anda juga bisa mencoba jenis cat lainnya.
  • Kuas : harus tersedia yag kecil untuk membuat outline, dan yg sedang untuk bidang yang agak luas.
  • Pallet : untuk mencampur warna.
  • Pensil untuk sketsa di sepatu.
  • Obyek design. Ide bisa didapat dari majalah, internet atau kreasi sendiri.
  • Peralatan lain ( penghapus,tempat cuci kuas, lap dll)

3. Tahapan membuat sepatu lukis sbb :








Kreasi lain bisa dilihat di : http://www.gallerybandung.com/

Selamat berkreasi , tunggu postingan mengenai sepatu lukis berikutnya.....

86 komentar:

luckynya_sarun mengatakan...

emh gimana sih cara buat garis pinggir? coz selama ini saya buat garis pinggir/outline kurang rapih...??
mksh

Agoes mengatakan...

Pake kuas yg nomor '0' alias yg paling kecil tau no 1. Cat jangan terlalu kental. Ujung kuas dipastikan runcing sebelum disapukan ke media lukis. Sapukan kuas searah saja ( dari kiri saja/kanan saja jangan berlawanan krn kuas akan mengembang/blobor. Dan yang terpenting adalah 'jam terbang' artinya sering2 melukis/latihan. Saya juga termasuk masih belajar. Ok selamat mencoba

em0ti0n mengatakan...

gmn ce dp3t bhan sepatu y9 poloz kyak g2.....

tyuz kra2 hbs brapa bhn catx???
^_^ makasih.....

Agoes mengatakan...

Sepatu polos hrs hunting ke toko2 sepatu/mall banyak koq.
Utk sekedar hobi beli cat yg satu set harganya murah terjangkau cek ke toko alat lukis. Kalo yg tube besar yg standar harga +/- Rp.30 Rb/warna. Kalikan saja dengan warna yg kamu inginkan. Ok selamat mencoba

depanjul2003 mengatakan...

Kang agus sorry yach aku minta post anda untuk sample blog gitu.thank for your regard

rezka mengatakan...

selain cat akrilik cat pa ja yang bisa dipakai? kalo pigmen gmn.. bagus nggak,harga cat akrilik kira2 brp ya.. n belinya dmn?
thanks sblumnya..

Agoes mengatakan...

buat Rezka, pigmen juga bisa dipake, jadi tergantung kita sukanya pake apa. Masing2 jenis cat punya kelebihan dan kekurangan silakan dicoba aja. Cat akrilik ada yg satu set harga dibawah Rp 100 rb kalo ga salah. Yg satuan/warna/tube yg murah juga ada (lokal)belasan ribu rupiah sd yg mahal juga ada. Harga ga beda jauh lah sama cat minyak, tergantung merknya. Jalan2 aja ke toko yg jual alat lukis. Atau ke gramed juga ada

Thata_Site's mengatakan...

mas... saya make cat akrilik...
bagus nya dicampur air apa jangan yah? bagusan mana?
trus, kuas bisa di cuci pake air walaupun cat sudah kering di kuas...
trus gimana dengan cat di sepatu?? apakah bisa luntur juga kalo kena air/ di cuci?? tahn berapa lama cat nya? makasih... :)

virna sayudin mengatakan...

mas, saya pake acrylic untuk mengecat sepatu kanvas dan setelah kering +/- 1 hari, saya lapisi dengan varnish...tapi ko setalah kering catnya mengelupas..kenapa ya mas? biar ga ngelupas harus gimana?

rezka mengatakan...

oya mz, aku denger setelah dicat harus dilapisi vernish dulu ya. kalo gak usah dilapisi gmn?
apa berpengaruh sama hasil lukisannya?
terus kan katanya harganya dibawah 100rb, itu satu set pa per botol..
makasih sebelumnya mz,,

Agoes mengatakan...

Buat Thata setahu saya cat akrilik emang pake air untuk pengencer (waterbase) kalo gak dicampur ntar cat tebel, terus ke sepatu jadi kaku. beda kalo dipake lukisan dikanvas misalnya gak pake air juga ga apa2 ( ssuai gaya ngelukis masing2). Cat di sepatu gak luntur karena meresap di pori2 kain ,jadi pori2 tsb yg mengikat cat, beda dgn di permukaan yg licin bisa ngelupas. Cat akrilik tahan koq, asal kalo nyuci sepatu jgn disikat keras2. Kalo pemakaian normal bisa lebih dr 1 thn.

Agoes mengatakan...

Buat Virna :
Kejadian cat ngelupas belum pernah saya alami, sebenarnya tahapan sdh tepat, jadi kemungkinan dari kualitas cat atau jenis kanvasnya coba deh uji coba ke kain biasa aja dulu. sepatu yg digunakan harus kanvas yg polos, tidak ada sablonannya, karena cata akrilik tidak bisa nempel dipermukaan sablonan. Sebaiknya kanvas berbahan katun, ada juga sepatu yg made China kanvas nya berbahan kaya polyster tapi dicat akrilik tahan juga koq.

Agoes mengatakan...

Buat Rezka:
Fungsi Varnish ya buat melapisi cat biar lebih awet, efek varnish tergantung jenisnya lukisan bisa gloss/briliant, satin atau matt/ngedop bgmana sukanya kita. Kalo gak pake varnish bisa2 aja ( gak luntur), tapi daya tahan nya pasti beda dong dgn yg diberi varnish.
Kalo Cat yg perset ya sekitar 100 Rb atau lebih dikit deh kalo gak salah (mudah2an blm naik soalnya saya pernah beli sudah agak lama ), coba cek di Gramed/ toko alat lukis. Kalo yg ditube/botol harganya dr belasan ribu sd 100 ribu/tube tergantung merk.

Ayu lestari mengatakan...

saya mau tanya dong, merek cat yang dipake yang bagus apa ya? trus kalo di jakarta, bli spatu polosnya dimana sih ? coz saya cari di mall kebanyakan yang harganya mahal n bermerek. thanks ya buat infonya.

Unknown mengatakan...

mas mau tanya..
beli vernish nya biasa dmn ya?
trus merk nya biasanya apa dan brp kira2 harganya?

thx..

Agoes mengatakan...

Buat Ayu, rada sulit jawabnya krn sy pake bbrp merk, terkadang warna2merk A krg bagus maka saya nyari di merk lain, maksudanya gak usah repot nyampur warna dan lebih praktis, kalau misalnya hrs ngulang. yg khusu buat artist (seniman ) dijamin bagus cuma harganya juga lebih mahal( misal rembrandt). Ada beberapa merk yg produksi khusus buat pelajar/anak-anak tapi bisa juga dipake. Berdasarkan yg saya pake bisa dicoba merk Galeria(winsor&newton), Amsterdam, Talens, liquitex, Leufranc&Bordeaux dan Reeves tentu dengan segala kekurangan dan kelebihan kan biasanya juga gak ada yg sempurna hehe. Kalo masalah sepatu, sorry krn saya ga tinggal di Jkt jadi kurang tahu, mungkin bisa dicoba jalan2 ke Tanah Abang, atau toko2 sepatu biasa.

Agoes mengatakan...

Buat Hawa, masing2 merk Akrilik biasanya juga produksi varnish-nya. Sesuaikan aja dgn merk akrilik yg dipake tapi pake merk lain juga ga apa2. Jangan ketuker dgn varnish buat cat minyak ya, perhatikan di labelnya "for acrylic" tapi ada juga yg bisa untuk akrilik sekaligus cat minyak. Harga perbotol mulai berkisar 30 rb sd 60 rban tergantung merk, ada juga yg spray. cek aja di toko alat lukis atau di Gramedia, Gn Agung.

cha-cha mengatakan...

kalo nglukis spatu bisa gak pake cat merek "maries" for oil colour...???

thx :)

Agoes mengatakan...

Merk Maries for oil color ?? ini cat minyak ya mbak, jenis cat ini pake minyak cat untuk pengencernya. Bisa aja sih dipake cuma untuk bidang kecil kaya di sepatu rada sulit bikin gambar detil, krn cat masih kentel dibanding cat berbasis air. terus kalo akrilik cepet kering jadi pengerjaan bisa lebih singkat dibanding cat minyak yg lumayan lama keringnya. Saya punya pengalaman pake merk ini dulu .... waktu abg hehe.. ternyata keringnya lamaaaaaa......

Joanne Calderone mengatakan...

mau nanya nich??
kenapanya sepatu lukis kalau yang dibeli itu hasilnya halus,gag kaya dilukis tapi kaya di cetak??
itu diapaain yah sepatu yah??

Joanne Calderone mengatakan...

kenapa yah kalau sepatu yah udah dilukis hasilnya mahal kasar ??
gag halus???

Agoes mengatakan...

Barangkali krn memproduksi sepatu lukis mah sdh terbiasa ngelukis jadi hasil lukisan bisa halus, cat rata, lukisan jadi rapi.
Kalo pengin hasilnya seperti itu ya harus terus berlatih dunk, ga perlu sepatu baru yg bekaspun jadi hehe.
Perhatikan kekentalan cat, jgn terlalu kental, jangan terlalu encer. yg sedang sedang saja. bila warnakurang tajem bisa diulang tapi tetap rata dan tidak tebel catnya. gunakan kuas yg flat buat bidang yg luas, untuk yg kecil gunakan kuas yg runcing, jangan memaksa hanya pake 1 kuas ( biasanya krn males ganti2) sediakan beberapa macam kuas yg dipakai bergantian sesuai fungsinya, cuci bersih terlebih dahulu jika mau beralih/ganti cat/warna. Acara lebih awet sepatu dilapisi dgn varnish, biasanya sepatu jadi agak licin setelah divarnish dan terkesan seperti d cetak/sablon . Ok Yang terpenting terus berlatih ya

virna sayudin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
virna sayudin mengatakan...

mas, saya pake cat acrylic merk reeves untuk mengecat sepatu kanvas dan setelah kering 24 jam dilapisi dengan varnish merk reeves juga.
setelah kering dan dipake ternyata mengelupas di bagian bawah pinggirannya yg deket karet alas sepatu. apa karena ada bekas lem sehingga catnya ngelupas
klo lemnya diilangin takut sepatunya mudah lepas
jd gmn dong mas?

Agoes mengatakan...

Ya emang cat akrilic ga bisa nempel di karet atau bekas lem. Jadi dicek dulu sepatunya yg rapi /gak ada bekas lemnya sebelum dilukis. Kalaupun ada biasanya lebarnya hanya bbrp mili saja dari sol karetnya, jadi ga terlalu mengganggu objek yg digambar. Kalo diperhatikan rata2 sepatu lukis emang ga mulus/rapi banget di deket sol karetnya karena ga pas waktu pengeleman dari pabriknya. Gunakan sepatu bukan BS kalo buat jual lagi agar terhindar dari masalah tsb atau komplen pelanggan.

virna sayudin mengatakan...

sebaiknya bagusnya berapa kali pengecatan..
agar warnanya kuat dan tahan lama?
klo cuma satu lapis langsung tebel gmn? atau harus pake warna dasar misal putih.
klo udah divernish boleh dicat lagi ga? trus nanti divernish lagi

Ferdi mengatakan...

kalau di bandung tempat yang ngejual sepatu kanvas polos dan catnya yang murah dmn?

Agoes mengatakan...

Buat Verdi Kalo sepatu murah sih relatif tergantung kt nawarnya... hehe .. kamu bisa cek di ITC Kebon kalapa, untuk cat murah di Gramedia juga ada koq yg murah produk china, di ACE IBCC jln A.Yani juga ada di stationari-nya ya, silakan dicek sambil jalan2.

Agoes mengatakan...

Buat Virna, kalau hasilnya oke warna cat bagus dan rata, satu lapis pengecatan lsg tebel juga ga apa2 ini mah sesuai kebiasaan aja, ada juga yg tipis2 dulu ,pengecatan bisa sd berkali kali sampai cat merata. Jadi berapa kalinya sih tergantung yg ngelukis sampai menurut ybs hasilnya OK, cuma dihindari cat jangan tebel banget karena cat jadi boros terus sepatu jadi kaku kan gak enak toh dipakenya. Sepatu didasarin warna putih terlebih dulu juga bisa, atau langsung juga ga apa2 gimana enaknya yg ngelukis cuma kalo warna dasar pengin putih/banyak pake putih sebaiknya cat aja dulu warna putih jadi ga susah ngisi bidang2 kecil. Kalo sepatu sdh divernish masih ada yg perlu dikoreksi bisa aja sih divernish ulang hanya di bag. yg dikoreksi aja. Kalo tebel2 vernish juga jelek loh cat terlalu mengkilat dan tebel. Selamat mencoba

virna sayudin mengatakan...

mas di bandung ya? boleh minta alamat lengkapnya?boleh ga saya dateng langsung..tapi ga beli hehe..cuma mo nunjukin sepatu lukis hasil buatan saya..pengen dibandingin sama yang mas buat..jadi lebih tau buatan saya yang kurang sebelah mana? pengen tau juga proses pengerjaannya seperti apa yang bener

Agoes mengatakan...

Silakan dateng aja ga apa2 sambil main. Alamat Tmn Cibaduyut Indah Blok i/No 15 atau persis didepannya Blok i/32 Bandung. Tlp 08122387332
jgn lupa ya tlp dulu takutnya pas pada gak ada ditempat. Salam

piwieSHOES mengatakan...

mas klo cat acrilic yang merk sakura bisa juga gk?truz sblm nglukis apa sepatunya di beri cat warna dasar putih dlu?

Agoes mengatakan...

Asal jenis acrilic sih bisa dipake , emang peruntukan cat akrilic ya utk melukis di kanvas gitu.
Pemebrian cat dasar sih utk memudahkan bikin garis/outline , hasilnya garis/objek rapi. Kalau sdh terbiasa ga masalah ga pake cat dasar terlebih dahulu cuma cat jangan terlalu encer. Uji coba aja dulu di kain bekas biar tahu kekentalan cat yg dibutuhkan.

Kota Pinrang mengatakan...

mas...kLo hasil gambarx tdk d finishing menggunakan varnish gmn tuh..apa mempengaruhi ketahanan cat acrylicx..klo mo ngambiL contoh gambarx dmn yah?ada tekhnik2 khusus gak dLm menggambar biar hasiLx lebih maksimaL..thanks before (maaf klo pertanyaanx terlalu byk soaLe newbie)
^_^

Kota Pinrang mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agoes mengatakan...

Fungsi varnish melindungi cat agar tidak cepat pudar, disamping itu dapat memberi efek gloss, satin atau matt/ngedop terhadap lukisan/gbr disepatu, tergantung kita mau pake jenis yg mana ( dipasaran tersedia varnish untuk 3 jenis tersebut) jadi itu kelebihan kalo kita pake varnish.
Teknik khusus ngelukis biar maksimal? saya ga punya ya biasa2 aja, komplitin aja peralatan spt Cat,kuas yg baik, palete dll krn akan berpengaruh thd hasil, sisanya terus berlatih. Ada yg bilang sih bakat cuma 5 % yg 95 % adalah latihan hehe...
Ngambil contoh gambar ? maksudnya buat ide gambar gitu ? banyak koq googling aja, terus terpenting kembangkan gaya sendiri biar kamu punya ciri khas.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

mz klo mau ngelukis di sepatu lukis langkah² yg tepat gmn??
klo ada wrna dasar apa sebaiknya di cat warna dasarnya dulu ya trz di desain gambarnya (warna dasarnya jg make cat acrilic )??klo mw desain gambarnya apa ada pensil khusus bwt desain di atas sepatu lukis??

Agoes mengatakan...

Tahapan bikin sepatu lukis seperti sdh dijelasakan pada komen2 diatas cara nya sbb :
a. Buat sket pake pensil di sepatu kanvas polos, kemudian baru diberi warna mengikutio sket. Atau bisa juga
b. Sepatu putih di cat dasar putih baru buat sketsa pake pensil, terus tinggal kasih warna dst.
Jadi terserah mau pake yg mana, tergantung gambarnya juga sih, kalo banyak gambar detil sebaiknya sih diberi warna dasar dulu. Kalo gambar sedikit ga pake cat dasar juga ga apa2. Cuma kalo kamu sukanya pake cat dasar putih dulu sebelum dilukis, sediakan aja cat putih lebih banyak dibanding cat yg lain.
Mengenai pensil yg dipake selama ini sih pake pensil biasa aja, pensil 2B cuma jangan tebel2, krn masih ngebayang kalo ditimpa cat,apalagi warna2 terang. Ada juga di pasaran pensil untuk di kain warna-warni tapi sy blm nyoba,ngirit hehe... ok selat nyoba yah

depanjul2003 mengatakan...

ok mas tak coba

depanjul2003 mengatakan...

ok mas tak coba

Anonim mengatakan...

Kalo akang sendiri suka pake cat merk apa? untuk vernishna jg merk apa?

Agoes mengatakan...

sy ga pake salah satu merk krn warna ga lengkap. lagian sy termasuk yg males nyampur warna jadi beli yg sdh dibuat produsennya, tapi sringnya pake merk galeria (winsor) dan amsterdam, mahal sih apalagi skrg sudah naik lagi, tp bagi yg ngelukis puas gt krn dari warna emang bagus. vernis ya nyesuaikan merk nya sama, kalo yg vernish spray pake dari winsor

Anonim mengatakan...

oh yeah mas,, untuk menguatkan catnya itu harus disetrika ato dikasi' bahan lain gak c.....

Agoes mengatakan...

Sesuai komen2 diatas, untuk penguatan cat akrilik dilapisi lagi dengan varnish. terkecuali kalau pake cat khusus buat tekstil.

francis mengatakan...

mau tanya kalau sepatu kanvasnyta sudah berwarna dasar putih tidak perlu dicat alklirik putih lagi bukan? terimakasih :) blognya sangat membantu

Imadji mengatakan...

pengen nyoba biasanya pake cat pa untuk membuatnya

Agoes mengatakan...

Kita bikin pake cat akrilik, pake media lain juga bisa asal waterproof. selamat mencoba

Unknown mengatakan...

gan kalau sepatunya sudah di lukis, kira kira cat keringnya berapa lama yah....thanks

Agoes mengatakan...

Untuk cat yg selama ini sy gunakan kalo pas cuaca panas, dalam hitungan menit cat sdh kering, makanya utk kuas sebaiknya dilap dan dibasahin setelah penggunaan krn kalu sdh kering susah bersihinnya.

Restusririefanifamily mengatakan...

sist/gan ,mau tanya ,sepatu yang akan dilukis warna dasar ungu ,apa stelah itu langsung dilukis?atau dikasih cat warna ungu lagi ?

.misalnya kalau mau cat warna dasar ungu yg awalnya warna putih jadi langsung di cat ungu ?kalau sudah kering baru entar kasih desain ?

Bener gak ?mohon bantuan !

Restusririefanifamily mengatakan...

Dan juga kalau dikasih vernish stlh melukis bidang yang dikasih vernish bagian yang di cat aja atau semua bidang sepatu '????

happen_arabasta mengatakan...

Mas mw nanyaaa,, klo pengen nambahin gliter d atas hasil catnya gmn? Trus caranya biar gliternya g ilang juga,,, hatur nuhun,,,

nurien.cwexaries mengatakan...

q mw nanya selain cat yang sudah anda cantumin tadi, apakah tidak ada cat lain selain cat itu???
trimsss

Agoes mengatakan...

Buat Hapz_isonline : makenya gliter bubuk atau pasta? kalo bubuk campur aja sama cat baru kuaskan ke sepatu, atau dr Basic/Liquitex ada produk spt buat manik/Beads pasta bening tinggal campur aja dgn glitternya.
Kalo mau gampang sih ada produk yg langsung pake ( dibotol plastik ujung berlubang kecil) tinggal pencet warna macem2, cuma kalo pengin nempel kuat langsung ke kain ( sblm dicat), tapi setelah dicat juga bisa nempel.

Agoes mengatakan...

Buat Nurien : maksudnya jenis catnya ? bisa pake akrilik atau pigmen/sablon atau cat khusus tekstil tentu teknik rada beda menyesuiakan dgn karakter cat/pewarnanya, merk juga macem2 ada yg import atau lokal, dtg aja ke Gn Agung atau Gramedia atau tanya sama Mbah Google hehe..

moe^^moe mengatakan...

sjauh ni blum mau tny krn smw prtanyaan ud trjawab..hohoho,,jd qu mau bilang makasiii ya mas tuk info nya,mbantu banget ^^ mas nya baik bgt n ga pelit info tuk kita2 yang pemula,,hhehe...sukses slalu mas n nti klo dtengah perjalanan lukis melukis qu ad pertanyaan,tlg dijawab ya..hehehehe..doakan kami yg baru mau memulai lukis melukis sepatu...thx mas.god blez u^^

Anonim mengatakan...

mas tanya kalo pakke cat marries gak pa2 kah?lah trus msih divernish lagi gak????

Agoes mengatakan...

Sy blm nyoba ya, tapi cat tsb bisa dipake. Tes aja dulu di kain bekas, biasanya suka beda warna cat saat basah dan stlh keringnya tiap2 merk tkt drop warnanya berbeda-beda, ini juga utk ngira2 kekentalan cat yg dibutuhkan spt apa. Utk lebih kuat sebaiknya permukaan cat divernis. Tinggal pilih mau vernis efek gloss atau matt

Anonim mengatakan...

mas, numpang nanya.. kalo pemula kan bsa aja salah2 wktu ngewarnainnya.. trus kalo mau menghapus gmna dong? atau harus ngulang di kanvas baru? kalo sepatunya warna merah, musti diisi warna dasar gak?

Agoes mengatakan...

Ada cairan removal buat hapus sih, cuma hasilnya ga maksimal. Sy sih biasanya dtutup dulu pake warna putih, cuma jadi rada tebel dan warna agak beda hehehe...Kalo bidang yg salah gede, dire-design ulang aja, pake warna2 gelap. Kalo sepatu asliny sdh pake warna merah, pake cat dasar utk yg akan digbr aja, tapi kalo ganti warna dasar pengin warna lain trpaksa ditutup dulu warna putih, kecuali utk warna2 gelap misal item lsg aja ga usah warna dasar.

mas'un mengatakan...

aku tertarik sekali sama kegiatan seni terutama lukis... aku pingin lihat dn belajar proses pelukisan sepatu yg ada di wilayah Jakarta selatan.... adakah yg mau bantu kemana harus aku datangi..?? barangkali ada temen yg mau nerima kedatangan saya? dijamin insya Allah gak akan ngrepotin..., trims....

Agoes mengatakan...

@mas'un : Sy mau bantu cuma kejauhan nih di bdg hehe. Kalo prosesnya sih sama dgn lukis biasa aja yg beda cuma media nya aja. Coba search di youtube sy pernah liat, proses ngelukis sepatu baik pake marker maupun dgn cat.

Felicia mengatakan...

pake cat poster bisa ga?apa harus cat acrylic?kalo pake yang spidol khusus untuk bahan kain gmana?

Agoes mengatakan...

Cat poster biasanya sih dipake di kertas atau steorofoam, kayanya luntur kena air. Tapi kalo untuk bikin poster di kain ( iklan film misal) yg dipake ya cat minyak. Nah ini yg mana maksudnya. Utk spidol/marker bisa dipake, di pasaran banyak bahkan ada yg khusus untuk kain dgn warna2 yg menarik. Kalo mau pake marker yg khusus kain,harus langsung ke kanvasnya ( ke permukaan kainnya), kalo ke permukaan selain kain/canvas luntur.Ok selamat mencoba

Qyuta Line's mengatakan...

malem mas, saya juga jual sepatu lukis kan, nah saya pake cat acrylic marie's sejauh ni alhamdulillah fine2 aja konsumen puas,

yg mau sy tanyakan, kalo pake cat sablon itu kan stauq lebih murah per kg beli warna putihnya trus nyampur ndiri, bagus mana ya hslnya sma akrilik?
THANKS ya.. :)

kalo berkenan add fb q mas, sepatulukis69@gmail.com

Agoes mengatakan...

Soal hasil sih sangat tergantung selera dan kemampuan sang pelukis, meski media murah kalo teknik ngelukis dikuasai hasilnya akan maksimal, jwbn sblmnya sdh dibahas perbedaan sablon dgn cat akrilik.

Anonim mengatakan...

maaf saya mau nanya. kira-kira untuk modal awal kita butuh berapa ya ? soalnya saya juga masih sekolah.
terus harga sepasang sepatu lukis kira-kira berapa ?
makasih..

Anonim mengatakan...

Saya mau tanya. Kalau buat sepatu nya itu di block dulu satu warna ato di gambar dulu abis gitu di block? Mohon jawabannya. Terima kasih

Agoes mengatakan...

Sorry br bisa jwb,
Utk modal awal, ya sdh dikasih gambaran diatas misal jumlah cat yg dibutuhkan X harga cat ini yg rada lumayan, kuas dan palet gak terlalu mahal.
Kalo Blok warna sih terserah ya mana dulu tp kl warna dasar gelap, digambar aj dulu blok warna dasar belakangan

sepatu kerja mengatakan...

oh gitu ya gan caranya,makasih bnyak ya

SONY SOPIYAN A W mengatakan...

kang agus,,
saya mau tanya agar warna bisa lebih kelihatan mencolok dan nyata itu ada cat yang khususnya ga kang?agar 3Dimensi gambarnya lebih nyata,,trima kasih

Agoes mengatakan...

Kalo warna yg nyolok ada juga sih yg fluoriscent ( bener ga ya nulisnya hehe..) warna ijo muda, pink kuning, merah utk akrilik merk galeria,kalo cat sablon sih banyak ya cek aja ke toko. Utk efek 3D, nah ini rada sulit, biasanya si pelukis menggunakan efek shadow ( bayangan)pd obyek atau efek pantulan cahaya misal gambar buah aple, diberi gambar agak gelap disatu sisi, dibagian lain digambar agak terang, diasumsikan terkena cahaya, persis teknik fotografi cuma kalo media lukis lebih bisa di eksplor lagi dibanding fotografi. gradasi warna dari gelap menuju terang tsb menjadikan obyek menjadi terlihat 3D, sy pernah melihat pelukis membuat bayangan obyek tidak persis dibawah obyek, tetapi agak renggang sehingga seolah2 siobyek mengapung efek 3 D nya keliatan banget. kalo masih bingung tanya mbah google aja banyak koq contoh gambar/lukisan 3D

Arc mengatakan...

Di bagian alas sepatu itu biasakan sepatu px putih, kok itu contohnya bisa warna warni ? dibuat dari apa ya ?

Agoes mengatakan...

Biar menarik alas sepatu bisa dilapisi dgn spon atau kain,atau disablon. Emang butuh biaya lagi sih tapi jd beda dgn yg lain.

Anonim mengatakan...

Selain di sepatu lukis cat akrilik bisa diterapkan di kaos lukis gak?
Dan apa perlu memakai varnish juga?
Mohon dijawab, terimakasih blognya sangat membantu :)

Unknown mengatakan...

kalau pakai asturo waterbase bisa ga?

Amistyu mengatakan...

saya mo menawarkan sepatu polos jenis px dan pang .... untuk katalognya silahkan berkunjung di http://sepatumuraah.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Mo nanya aa..
Klo dilukis trus dipernis itu bsa prcah ga gambarnya..??
Apa tipis2 aj ngcet sma mernisnya..
Trus pernis yg digunakan pilox bsa ga ?!pernis buat motor itu bsa jga ga ?!? Hehehe
Mohon infonya , trimakasih...

Agoes mengatakan...

Kalau pake pernis gambar jd lebih bright dan tidak pecah, tipis2 saja lapisan pernisnya.
Kalau ngecetnya sih tergantung kebutuhan/keinginan tebel tipisnya, lihat koment sebelumnya.
Pilox mungkin bisa dipake ya, cuma sy belum nyoba, silakan saja diuji coba

Unknown mengatakan...

Klo mas pke pernis apa ?!
Bli sama cara penggunaan nya gmn...
Trus mas klo mernis smua apa karet.bawahnya ngga?!
Maap ya mas bnyak tanya pngn nyoba solnya

Unknown mengatakan...

Klo mas pke pernis apa ?!
Bli sama cara penggunaan nya gmn...
Trus mas klo mernis smua apa karet.bawahnya ngga?!
Maap ya mas bnyak tanya pngn nyoba solnya

Agoes mengatakan...

Tolong di baca2 lg jawaban komen sebelumnyakarena banyak pertanyaan yang sama. Jawaban buat Rezka dan Hawa.

Trims ya

Anonim mengatakan...

kang. tinggal di bandung? ari tempat beli sepatu polosnya aja. di mana nya kang? anu caket sareng setiabudhi kinten kinten kang. nuhun

peralatan sekolah mengatakan...

sangat kreatif. dibalur sama cat air asturo biar tambah jreng

Timaaa mengatakan...

Kang maau nanya klau misalnya pake cat poster klau dicuci luntur apaa ga ya? Dan klau misal pakai cat akrilik terus di vernis ketahanannya brp lama??